www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memulai Usaha Hidroponik

No comment 25429 views

usaha-hidroponikPeluang usaha hidroponik saat ini cukup bagus untuk anda yang gemar dalam bidang cocok tanam. Dahulu sistem tanam hidroponik ini hanya berawal dari sebuah penelitian dan akhirnya berjalan hanya karena bersifat alternatif. Namun seiring perkembangannya saat ini, sistem ini cukup digemari dan dijadikan sebagai lahan bisnis oleh banyak orang.

Istilah hidroponik ini semakin hari semakin bergeser artinya karena istilah ini secara umum sering diartikan sebagai bercocok tanam tanpa menggunakan tanah. Sehingga bercocok tanam di dalam pot atau tempat lain yang menggunakan pecahan genting, kerikil, maupun gabus kadang diartikan sebagai hidroponik. Padahal kalau berdasarkan katanya, hidro berarti air. Dan ponics adalah sebuah pengerjaan atau bisa dibilang bercocok tanam. Sehingga berdasarkan artinya, sistem ini adalah sistem bercocok tanam menggunakan air. Jadi hidroponik ini adalah bercocok tanam menggunakan media air, bukan media yang lainnya.

Seringnya sistem hidroponik ini digunakan sebagai salah satu cara untuk membudidayakan sayur-sayuran seperti bayam dan kangkung. Di beberapa super market, sayuran hidroponik ini sudah mulai dijual dengan harga yang lebih tinggi dari sayuran yang ditanam dari media tanah. Sehingga banyak orang yang melihat peluang usaha hidroponik ini semakin bagus saja setiap harinya. Mereka mulai mempelajari tata cara dari bertanam sayuran hidroponik ini dan mulai membudidayakannya. Keunggulan dari sayuran hidroponik ini adalah media bercocok tanam yang dipakai bukan tanah sehingga kondisi sayuran lebih bersih, tidak memakai pestisida, pemberian komposisi nutrisi lebih mudah, atau makanan untuk sayuran yang tepat, dan juga nilai jual sayuran hidroponik yang lebih tinggi dibanding sayuran yang ditanam di tanah.

Ada dua jenis sistem yang dipakai dalam hidroponik ini, yaitu aeroponik dan Nutrient Film Technique (NFT) atau Teknik Lapisan Tipis Nutrisi. Yang pertama, aeroponik, biasanya digunakan dalam penelitian dan produksi komersial khusus karena kerumitan dalam cara bercocok tanamnya. Akar tanaman dari aeroponik ini dibuat menggantung di udara dan diembuni dengan larutan bernutrisi. Sedangkan NFT bisa dikatakan sebagai cara yang lebih produktif karena cara pembudidayaannya lebih mudah dan tidak serumit aeroponik. Namun kekurangan dari sistem NFT ini adalah kegagalan dari pompa airnya dan aliran listriknya akan mengakibatkan aliran nutrisi ke dalam tanaman akan terganggu.

Setelah anda memahami benar sistem dari hidroponik ini, anda bisa memulai usaha hidroponik ini dari usaha kecil ataupun langsung menuju usaha yang besar. Pemula seperti anda ada baiknya memulai usaha ini dari yang kecil dahulu agar mengurangi resiko yang terlalu besar nantinya. Hasil panen dari sayuran hidroponik anda ini bisa anda konsumsi sendiri dahulu atau bisa menjualnya sedikit sedikt. Lama kelamaan anda bisa mengembangkan usaha ini sebagai peluang usaha hidoponik yang hanya berawal dari usaha kecil menjadi besar.

Ada berbagai jenis tanaman dan peluang usaha hidroponik yang bisa anda jalankan walaupun anda tinggal di kota besar. Selamat mencoba

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memulai Usaha Hidroponik"