www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memulai Usaha Investasi Tanah Kaplingan

No comment 4395 views

Peluang Usaha Investasi Tanah KaplinganTidak perlu menunggu jadi Pegawai negeri jika Anda ingin mendapatkan dana pensiun. Karena di samping menjadi PNS itu sulit, belum tentu Anda bisa menikmati dana di masa tua. Namun jika Anda memanfaatkan peluang usaha investasi tanah kaplingan ini, Anda bisa mendapatkannya dengan lebih mudah.

Ya, tidak perlu sampai puluhan tahun, cukup beberapa tahun saja investasi ini bisa meningkatkan laba. Namun kekeliruan bisa saja membuat investor gigit jari sendiri.

Contohnya, investor ingin cepat mendapatkan hasilnya. Sudah membeli tanah kavling dengan harga misalnya 30 juta rupiah. Kemudian muncul kenaikan sekitar 35 juta atau 40 juta di tahun berikutnya. Lantas Anda memutuskan untuk menjualnya.

Sebenarnya hal ini tidaklah salah, hanya saja jika Anda bersabar, maksudnya menunggu jangka waktu yang cukup lama, maka kisaran modal 30 juta ini bisa saja berlipat ganda. Bahkan bisa sampai puluhan kali lipat. Jadi, jelas jika Anda tidak harus menjualnya kembali dalam jangka waktu yang dekat.

Untung Ruginya Dalam Investasi Tanah Kaplingan

Ketika Anda memutuskan untuk mengambil peluang usaha investasi tanah kaplingan ini, Anda tentunya akan dihadapkan pada permasalahan untung dan ruginya.

Keuntungannya akan sangat besar jika Anda bersabar, dan dibalik itu ada kerugian yang akan Anda peroleh.

  • Keuntungan investasi tanah kaplingan

Tanah kavlingan merupakan lahan yang belum didirikan sebuah bangunan. Entah itu bangunan perumahan, atau bangunan seperti ruko.

Ketika Anda mengambil tanah kaplingan sebagai investasi, maka Anda harus bersabar. Dengan adanya kesabaran ini, Anda akan menuai hasilnya di masa mendatang. Bahkan bisa dijadikan sebagai dana pensiun di hari tua.

Ya, biasanya investasi ini akan sangat menguntungkan bilamana dijual kembali di beberapa tahun mendatang misalnya 5 tahun kedepan, dan seterusnya.

Nah, ada setidaknya 3 keuntungan ketika Anda mengambil peluang usaha investasi tanah kaplingan ini. Pertama adalah lebih hemat biaya.

Dikatakan lebih hemat biaya karena Anda tidak terlalu sering melakukan perawatan, bahkan bisa dikatakan jika Anda tidak perlu merawatnya. Karena Anda hanya membeli sebidang tanah kosong yang nantinya akan dijual kemudian hari.

Berbeda jika Anda membeli lahan yang sudah ada bangunannya, pemeliharaan dirasa sangat wajib. Dan ini tentunya akan memakan biaya yang lebih besar.

Keuntungan kedua adalah berasal dari laba yang akan diperoleh ketika dijual. Meskipun begitu, Anda tidak disarankan untuk menjualnya dalam waktu dekat, meskipun sudah mendapatkan kenaikan harga.

Anda bisa menunggunya, setidaknya lima tahun kedepan. Karena biasanya, nilai jual dari tanah kaplingan tersebut sudah akan meningkat 2 kali lipat dari pembelian pertama Anda.

Sementara keuntungan ketiga adalah bisa dikembangkan. Maksudnya, Anda bisa membangun bangunan seperti rumah atau ruko di atas lahan tersebut.

Biasanya, pembangunan rumah skala kecil atau ruko ini mengikuti pasar. Artinya, lahan tersebut memang strategis sehingga Anda bisa mendapatkan laba lebih dari peluang usaha investasi tanah kaplingan model tersebut.

  • Kekurangan dari investasi tanah kaplingan

Selain kelebihan yang ditawarkan oleh investasi ini, Anda juga akan menemukan satu kekurangan di dalamnya. Kekurangannya adalah pada sisi pemasukan.

Ya, lahan kosong yang dibiarkan jelas tidak akan memperoleh pemasukan. Namun jika Anda mau mendapatkan income, Anda bisa membangun sebuah perumahan atau ruko di atas lahan tersebut.

Pembangunan ini tentunya harus dipandang menguntungkan. Contohnya lahan tersebut memang strategis sehingga bisa dengan mudah mendapatkan pemasukan dari pihak penyewa.

Pertimbangan Awal Sebelum Memutuskan Untuk Membeli Lahan Kosong

Ketika Anda ingin mengambil Peluang usaha investasi tanah kaplingan ini, ada beberapa hal yang tidak boleh ditinggalkan. Meninggalkan hal-hal berikut jelas akan memberikan kerugian. Contoh kerugian yang akan didapatkan adalah bermasalah dengan pihak berwajib.

Alih-alih Anda ingin mendapatkan uang untuk jaminan di hari tua, malahan uang Anda habis tanpa ada sisa sedikitpun. Jadi, perhatikan 3 hal ini sebelum Anda memutuskan untuk membeli lahan kaplingan.

  • Periksalah sertifikat tanahnya

Anda tentunya tidak ingin tanah yang dibeli akan bermasalah di kemudian hari. Misalnya, dituntut oleh pemilik yang mengaku memiliki hak untuk mendapatkan tanah tersebut.

Hal ini biasa terjadi ketika Anda tidak memeriksa dengan teliti mengenai sertifikat tanah tersebut.

Ketika Anda tahu bahwa status tanah tersebut bukan hak milik sendiri, maka jangan memaksakan untuk mengambil peluang usaha investasi tanah kaplingan di tempat tersebut. Karena Anda akan mendapatkan masalah di kemudian hari.

Tapi carilah tanah yang memang sudah memiliki sertifikat hak kepemilikan sehingga bila ada hal-hal yang tidak diinginkan, Anda sudah memiliki surat kepemilikan yang bisa menjadi bukti kuat untuk memilikinya.

  • Cocokkan dengan benar mengenai batas kaplingan tanah

Terkadang ada saja data yang tertulis di sertifikat berbeda dengan data di lapangan. Oleh karenanya, pastikan data tersebut benar antara data di sertifikat dan data lapangan. Contohnya dengan mengukurnya kembali bila memungkinkan.

  • Akses jalan

Poin ketiga yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli tanah kaplingan adalah akses jalan. Poin ini nantinya akan mempengaruhi mudah atau tidaknya tanah tersebut dijual. Selain itu, akses jalan ini juga akan mempengaruhi harga jual tanah tersebut di kemudian hari.

Kesimpulannya, Anda akan memperoleh jaminan dana di hari tua dengan mudah ketika Anda bisa memanfaatkan peluang usaha investasi tanah kaplingan ini.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memulai Usaha Investasi Tanah Kaplingan"