www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula

No comment 745 views

tips-sukses-usaha-kulinerBisnis kuliner tidak ada matinya. Setiap orang membutuhkan makanan dan minuman. Kebutuhan primer ini dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Orang-orang yang sibuk, anak kuliah atau penghuni kost biasanya tidak memasak makanan sendiri dan membeli makanan jadi.

Peluang berbisnis makanan atau kuliner ini dapat diambil. Jika bisnis kuliner ditekuni akan mendatangkan keuntungan yang sangat besar.

Saat ini bisnis kuliner mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jenis kuliner yang dibisniskan berupa makanan tradisional dan makanan modern. Makanan tradisional yang awalnya kurang menarik dapat dimodifikasi agar eye catching dan bertambah kelezatannya.

Di era yang modern ini segala macam bisnis dapat menggunakan teknologi digital. Begitu juga dengan bisnis kuliner. Dengan teknologi digital maka jangkauan pemasaran dapat lebih luas dan bisnis akan berjalan lebih lancar.

Memilih Bisnis Kuliner yang Tepat

Memilih bisnis kuliner yang tepat dapat memberikan keuntungan. Jika ingin berbisnis kuliner harus memperhatikan pemilihan jenis kuliner, tempat dan modal yang dibutuhkan. Pemilihan jenis kuliner dapat disesuaikan dengan trend yang ada pada saat itu.

Jenis kuliner yang trend ini akan menjadi laris pada waktu tertentu saja, namun biasanya tidak akan bertahan lama. Jika ingin bisnis kuliner tersebut tahan lama dapat menambah kombinasi atau memodifikasinya agar terlihat unik daripada yang lainnya.

Jenis kuliner dapat juga memilih yang tidak ada di daerah tersebut. Karena tidak ada saingan yang sama maka bisa jadi bisnis kuliner tersebut akan diserbu oleh pembeli. Namun ada juga kemungkinan bahwa jenis kuliner tersebut tidak disukai oleh konsumen di daerah tersebut karena terasa asing di lidah.

Untuk menentukan jenis kuliner yang akan dipilih sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu agar bisnis kuliner dapat diterima dengan baik dan memiliki banyak pelanggan. Jenis kuliner yang tepat akan membuat bisnis menjadi lebih berkembang.

Pemilihan tempat yang akan dijadikan sebagai tempat berbisnis kuliner dapat menentukan perkembangan bisnis. Meskipun ada pengecualian bagi pebisnis kuliner yang telah memiliki nama dan terkenal. Bagi kuliner yang telah terkenal walaupun berada di tempat paling pelosok sekalipun sudah pasti tetap akan dicari oleh pelanggan dan biasanya sangat ramai.

Tempat yang strategis dapat lebih terlihat dan mendatangkan banyak pembeli.Tempat yang dipilih juga harus terjaga kebersihannya. Dekorasi dan penataan pada tempat yang digunakan dapat menarik orang untuk berkunjung dan membeli.

Melipatgandakan Keuntungan

Berbisnis kuliner pasti menginginkan untuk memperoleh keuntungan yang besar. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bisnis kuliner menguntungkan dan berkembang dengan pesat.

Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu melakukan promosi. Berpromosi melalui brosur, spanduk, iklan di surat kabar atau majalah dan radio dapat memperkenalkan bisnis kuliner yang baru dibuka.

Untuk menarik pembeli maka kata-kata yang diberikan harus unik. Memberikan diskon di awal pembukaan bisnis atau saat-saat tertentu juga menjadi jurus jitu untuk menarik konsumen.

Pelayanan menjadi salah satu kunci agar bisnis kuliner menjadi berkembang. Pelayanan yang ramah dan cepat dapat menjadi poin tersendiri sehingga konsumen menjadi senang dan menjadi pelanggan tetap.

Di era yang modern ini teknologi digital menjadi sarana promosi paling jitu. Melalui media sosial dan internet maka bisnis kuliner yang sedang dibuka atau dijalankan akan lebih dikenal.

Penggunaan internet sebagai media berbisnis sudah menjadi umum dan bahkan menjadi suatu keharusan. Jangkauan internet yang luas dapat menghemat biaya promosi namun promosi akan sampai pada konsumen dengan tepat.

Saat ini sebagian besar orang sangat menyukai kepraktisan. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis. Gunakan layanan antar untuk mengirim kuliner ke rumah atau kantor pelanggan.

Dengan adanya layanan antar ini akan mempermudah konsumen untuk mmperoleh kuliner yang diinginkan. Layanan antar pada bisnis kuliner menjadi nilai plus tersendiri.

Cara pemesanan kuliner yang diinginkan ada beberapa cara. Jika pemesanan dilakukan di tempat dapat memesan langsung ke pelayan seperti yang umum dilakukan.

Apabila ingin sesuatu yang unik, konsumen dapat memilih kuliner berupa makanan dan minuman dengan cara mengambil kartu bergambar sesuai keinginan. Kemudian kartu tersebut diberikan kepada pelayan untuk dipersiapkan dan disediakan di meja konsumen.

Pemesanan kuliner juga dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi digital. Cukup klik pesanan yang diinginkan dan tunggu beberapa waktu kemudian pesanan akan diantar ke tempat pemesan. Sangat praktis dan mudah.

Bisnis kuliner di zaman yang modern ini sangat mempermudah bisnis untuk berkembang. Mempergunakan kecanggihan teknologi dalam berbisnis kuliner dapat memperkenalkan bisnis kuliner ke wilayah yang lebih luas.

Pemesanan kuliner yang akan dibeli oleh konsumen dapat dilakukan di tempat langsung, melalui telepon dan internet. Agar bisnis kuliner yang dijalankan dapat cepat berkembang maka owner harus selalu berinovasi dan membuat sesuatu keunikan agar tidak sama dengan bisnis kuliner lainnya.

Berbisnislah dengan modal, keahlian, dan manajemen yang baik agar bisnis kuliner menguntungkan serta cepat berkembang.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula"