www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memulai Usaha Kuliner

3 comments 4591 views

usaha-kulinerMemulai bisnis kuliner memang pada awalnya akan terasa susah. Terutama untuk mencari pelanggan dari bisnis anda. Apalagi sering terbentur dengan masalah kebosanan seseorang dalam mengkonsumsi makanan. Oleh karena itu, pemasaran bisnis kuliner anda haruslah sampai jauh, jangan hanya berada dalam lingkup daerah sekitar anda. Dengan sistem iklan yang baik, tentu saja akan banyak orang yang tahu bisnis anda dan tertarik untuk mencobanya. Anda bisa saja membuat selebaran tentang bisnis kuliner anda ini, atau juga bisa melalui media lain seperti radio.

Sistem pengiklanan akan sangat terasa vital lagi kalau anda memulai bisnis kuliner di rumah anda sendiri. Apalagi kalau rumah anda berada cukup jauh dari kota yang mempunyai tingkat konsumtif yang cukup tinggi. Masyarakat kota yang kebanyakan adalah pekerja kantoran, biasanya lebih suka untuk makan di luar. Selain karena waktu, juga karena faktor malas memasak dan mencari sesuatu yang praktis.

Lalu jenis kuliner apakah yang akan banyak dicari oleh konsumen? Sesuatu yang beda dan rasanya tentu lebih enak. Apalagi kalau ditambah dengan harga yang terjangkau. Namun dari beberapa bisnis kuliner rumahan yang cukup laris manis, hal itu dikarenakan faktor rasanya. Dengan jenis masakan yang sama, tetapi dengan rasa yang lebih enak tentu akan membedakan laris atau tidaknya bisnis anda. Walaupun bisnis anda jauh dari tempat strategis, kalau mempunyai cita rasa yang enak, akan dicari oleh konsumen. Hal pertama yang anda lakukan tentu mencari resep yang pas. Anda bisa belajar ke seseorang yang sudah ahli maupun melakukan eksperimen rasa terhadap resep yang anda punya.

Memulai bisnis kuliner di rumah ini bisa anda coba pertama dengan makanan sejenis daging atau ikan air tawar. Anda yang mempunyai bisnis ternak ayam kampong atau ikan lele dan sebagainya, bisa memanfaatkan ternak anda. Anda tidak perlu membeli daging dari orang lain tapi cukup dari ternak anda sendiri.

Untuk anda yang memang hobi memasak, bisnis kuliner ini memang menggoda anda bukan? Namun untuk anda yang tidak pandai memasak, juga bisa menjalankan bisnis kuliner ini. Biasanya bukan bisnis makanan berat, tetapi bisnis makanan ringan. Anda bisa menjual produk orang lain atau biasa disebut waralaba. Pertama yang anda perhatikan adalah pasar dari makanan ringan ini, mana yang paling dicari oleh konsumen. Untuk beberapa waktu ini, makanan ringan kripik memang sedang dicari. Namun bukan karena cita rasa kripik yang sebenarnya dicari, tetapi cita rasa pedasnya. Makanan ringan dengan level pedas yang beraneka ragam memang sedang digemari oleh beberapa orang. Anda bisa memanfaatkan kondisi ini.

Banyak sekali pengusaha sukses dibidang kuliner ini, Anda pasti menginginkan sukses seperti mereka namun anda bingung bagaimana anda memulai bisnis ini. Usaha makanan bisa dilakukan dimana saja dan anda juga tidak membutuhkan modal yang besar. Karena berapa alasan itulah banyak orang yang menginginkan usaha ini.

Usaha makanan bisa berupa usaha catering, toko makanan atau kue, warung, produksi makanan ringan atau waralaba lainnya. Sebelum nda memulai usaha makanan ini ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan agar anda bisa memilih usaha makanan terbaik yang bisa dijalankan:

  • Rasa makanan
    Anda bisa memasak atau membuat makanan lezat namun anda tidak mempromosikan makanan anda kepada orang lain, tentu hal ini sia-sia saja. Namun bila anda menginginkan usaha makanan, anda bisa memanfaatkan hobi memasak tersebut untuk menciptakan citarasa makanan yang lain dari makanan lainnya. Kalau rasa dasi masakan anda enak dan berbeda dengan lainnya tentu saja banyak orang yang tertarik dengan makanan anda. Jika anda ingin membuat makanan ringan seperti keripik, kue atau snack lainnya anda bisa mempertimbangkan cira rasa yang berbeda dari makanan lainnya sehingga menimbulkan daya tarik konsumen.
  • Peminat
    Jika anda memilih usaha snack atau makanan ringan tentu saja anda harus memikirkan apakah peminatnya banyak atau tidak. Jika andarasa peminat makanan tersebut sedikit maka anda bisa memilih makanan lainnya sebagai pilihan bisnis.

Jika peinat dari makanan yang akan anda pilih tersebut banyak maka anda bisa melanjutkan rencana bisnis makanan itu. Semakin banyak peminat dari makanan tersebut semakin baik bagi anda untuk mendapatkan konsumen. Walaupun banyak pesaingnya namun jika banyak konsumen yang berminat hal ini tidak menjadi masalah bagi anda.

  • Brand atau merek
    Anda bisa memilih merek atau brand yang bagus untuk produk makanan yanga akan anda produksi. Brand yang bagus aka memudahkan anda berpromosi pada konsumen. Merek inilah yang menjadikan citra perusahaan bisa bagus maupun jelek dimata konsumen. Sebaiknya anda memilih brand yang unik dan belum pernah ada sebelumnya.
  • Ketersediaan bahan baku
    Kalau usaha makanan seperti keripik singkong atau talas, anda harus memikirkan ketersediaan bahan baku tersebut. Bila ketersediaan bahan baku itu banyak dan tidak terbatas anda bisa memilih usaha itu, namun bila bahan baku makanan susah dicari dan ketersediaannya masih minim anda sebaiknya memilih usaha makanan lainnya.

Hal ini ditakutkan karena jika pelanggan sudah banyak dan mereka mencintai makanan anda sedangkan anda tidak bisa mensuplay lagi mereka pasti akan kecewa. Kekecewaan mereka bisa menghilangkan kepercayaan pada bisnis dan merek produk anda.

Beberapa pertimbangan diatas sangat penting untuk menentukan bisnis atau usaha makanan yang tepat bagi anda. Usaha makanan yang semakin menjamur ini menjadikan banyak pesaing dan anda sebagai usahawan baru harus mampu melawan semua pesaing. Buatlah usaha anda benar-benar berbeda dari lainnya dan jagalah kepercayaan konsumen.

Selera mereka adalah perjuangan anda untuk memuaskan mereka. Usaha makanan bisa memberikan peluang bisnis yang besar bagi siapa saja termasuk anda sampai kapan pun.

Bisnis kuliner bisa dibilang tidak ada matinya, karena manusia yang selalu butuh makan untuk hidup. Walaupun anda memulai bisnis kuliner di rumah dan jauh dari kata strategis, namun hal ini bisa anda akali dengan sistem pengiklanan yang baik.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
3 Responses
  1. Berbagai Usaha Sampingan Modal Kecil3 years ago

    […] yang satu ini bisa anda usahakan di rumah anda. Anda bisa bekerja sama dengan tetangga anda untuk usaha catering ini. Misalnya anda membuat kue kering dan dijual ke beberapa toko. Untungnya bisa anda bagi rata […]

    Reply
  2. Tips Memulai Bisnis Catering Rumahan - Tabloid Peluang Usaha | Tabloid Peluang Usaha3 years ago

    […] catering ini tidak selalu untuk anda yang mempunyai hobi memasak, untuk anda yang tidak begitu hobi memasak pun bisa. Namun anda harus mempunyai modal yang cukup […]

    Reply
  3. Mau Dapat Ide Bisnis? Like Fanspage Tabloid Peluang Usaha - Tabloid Peluang Usaha3 years ago

    […] usaha yang terbaru maupun yang sudah menjadi trend. Tidak sedikit ide ide bisnis datang dari Tabloid Peluang Usaha dan digali lebih banyak dari berbagai info di […]

    Reply

Leave a reply "Tips Memulai Usaha Kuliner"