www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memulai Usaha Laundry

No comment 3368 views

bisnis-laundryMemulai bisnis laundry dari nol, memang terkesan susah untuk anda para pemula. Dengan kendala-kendala yang ada, tentu para pemula masih harus belajar lebih lagi untuk bisnis ini. Beberapa hal yang perlu anda cermati antara lain adalah anda harus bisa memperhitungkan sepinya bisnis dan persaingan dengan pebisnis lainnya. Oleh karena itu, sistem pengiklanan anda haruslah efektif selain kualitas pelayanan yang anda tawarkan. Anda juga harus pandai-pandai mengelola keuangan anda nantinya.

Namun dengan beberapa kendala yang terlihat sulit ini, anda patut mencobanya karena permintaan terhadap jasa laundry akhir-akhir ini cukup meningkat. Apalagi kalau anda memulai bisnis laundry di lingkungan kampus. Lingkungan kampus ini terkenal dengan banyaknya mahasiswa yang lebih suka memanfaatkan jasa laundry ini daripada mencucinya sendiri. Lokasi bisnis anda bisa saja di rumah anda sendiri atau menyewa tempat khusus yang cukup strategis tentunya. Tapi kalau anda menjalankan bisnis ini di rumah anda yang kurang strategis, anda harus bisa mengakalinya dengan sistem pengiklanan yang baik.

Dengan sistem pengiklanan yang bagus, bisnis laundry anda akan cepat terkenal. Untuk anda sebagai pemula dalam bisnis laundry ini, tentunya sudah ada pengusaha laundry lain yang lebih dahulu menjalankan bisnis laundry ini. Anda harus mempersiapkan strategi khusus dalam mengatasi hal ini. Sebagai pemula dalam bisnis laundry ini, anda bisa dengan memberikan promo tertentu agar bisnis laundry anda terkenal terlebih dahulu. Promo ini misalnya dengan memberikan gratis cucian kepada konsumen yang mencucikan pakaiannya lebih dari sekian kilogram. Atau bisa juga memberikan kupon mencuci gratis setelah konsumen mencucikan lebih dari sepuluh kali.

Untuk memulai bisnis laundry ini, anda jangan terlalu bernafsu mempunyai mesin cuci yang banyak. Walaupun anda sudah tahu tingginya tingkat jasa laundry di lingkungan kampus. Hal ini untuk menghindarkan sepinya pengguna jasa yang bisa jadi berpindah ke pebisnis lainnya. Dengan kualitas jasa yang anda berikan, tentunya akan menjadi faktor penarik untuk konsumen anda. Kualitas cucian yang bersih, setrikaan yang rapi, dan juga pewangi pakaian yang harum dan menarik bagi pengguna jasa. Pewangi dan deterjen yang anda gunakan pasti merupakan bahan-bahan kimia. Anda harus menggunakan bahan kimia yang aman bagi tiga hal, yaitu: aman bagi pakaian, aman bagi pemakai pakaian, dan aman bagi lingkungan.

Selain itu, anda harus memperhatikan kendala kehilangan barang dari konsumen anda. Anda harus mencatat dan jeli terhadap barang atau pakaian yang dilaundrykan di tempat anda. Beberapa pengguna jasa laundry ini akan kapok untuk menggunakan jasa laundry anda kalau salah satu pakaiannya hilang.

Selain itu, anda juga memerlukan perabot lainnya untuk menunjang bisnis anda ini, seperti meja, kursi, keranjang baju, lemari, alat timbang baju, dan lain sebagainya. Satu perlengkapan lagi untuk menjalankan bisnis ini adalah pengering pakaian. Untuk mengantisipasi pakaian yang tidak kering pada saat musim hujan datang. Dengan kerja keras dan tidak putus asa, memulai bisnis laundry dari nol pun anda pasti bisa.

Agar bisnis laundry berjalan denga baik, maka strategi bisnis harus disusun dan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Jagnan sampai bisnis ini berhenti di tengah jalan. Strategi yang pertama ialah mengenai pemilihan lokasi. Bisnis akan berjalan dengan baik jika berada di lokasi yang tepat, seperti area kampus, area kos-kosan atau perumahan. Selain itu, sesuaikan juga harga agar bisa bersaing dengan para competitor.

Agar bisnis Anda disenangi oleh para pelanggan, sebaiknya beri pelayanan ekstra seperi parfum yang wanti, anti kusut atau bisa juga dengan antar jemput gratis. Konsumen akan makin senang dengan pelayanan yang diberikan. Apalagi jika pesanan tepat waktu. Agar pakaian tidak kusam dan luntur, pelajari teknik mencuci agar tetap bagus dan sesuai harapan konsumen. Jika bisnis laundry sudah mulai tumbuh, rekrut karyawan secara terpisah antara bagian mencuci dengan bagian administrasi.

Setiap usaha pasti memiliki kendala. Untuk usaha laundry sendiri, berbagai hambatan bisa saja terjadi. Misalnya competitor, masyarakat yang sudah memiliki mesin cuci sendiri dan pengatuwan waktu yang baik jika waktu yang lebih cepat dalam pengerjaan diminta oleh konsumen. Sambil membuka usaha laundry, Anda juga bisa berjualan pulsa sehingga konsumen yang datang bisa Anda tawari untuk membeli pulsa.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memulai Usaha Laundry"