www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memulai Usaha Peternakan Ikan Nila yang Harus Anda Lakukan

Ikan Nila merupakan komoditas potensial yang patut untuk Anda lirik. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar favorit sebab nilai jualnya yang tinggi serta tidak membutuhkan waktu panen yang lama.

Apalagi ikan nila ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mudah sekali untuk dikembangbiakkan.

Rasanya pun cukup gurih. Selain itu dimasak dengan model apapaun juga tetap bisa menggoyang lidah.

Harga jualnya juga terbilang merakyat. Untuk itulah tidak mengherankan jika ikan nila ini merupakan salah satu ikan air tawar yang menjadi favorit dikalangan masyarakat Indonesia.

Potensi Usaha Pembenihan Ikan Nila

Mengingat kebutuhan konsumsi masyarakat akan ikan nila yang terus meningkat, secara otomatis kebutuhan akan bibit ikan nila juga semakin menigkat.

Kondisi ini tentunya memberikan celah yang bisa Anda manfaatkan untuk masuk di dalam budidaya pembenihan bibit ikan nila.

Apalagi ikan nila yang sejatinya sangat mudah sekali untuk berkembang biak menjadikan kemudahan ketika Anda memilih usaha budidaya bibit ikan nila.

Untuk memulai usaha pembibitan ikan nila ini Anda cukup menyediakan lahan serta peralatan-peralatan yang diperlukan.

Jangan lupa Anda juga harus mencari indukan ikan nila yang berkualitas agar supaya pembenihan berjalan dengan lancar dan bisa maksimal.

Potensi Usaha Pembesaran Ikan Nila

Memilih usaha pembesaran ikan nila sejatinya akan lebih bisa mendatangkan keuntungan jika dibandingkan dengan usaha pembenihan.

Ini disebabkan karena resiko kematian ikan nila relatif lebih kecil jika dibandingkan  dengan pembenihan.

Selain itu usaha pembesaran ikan nila yang siap panen, harga jaulnya juga lebih mahal dibandingkan benihnya.

Akan tetapi jika Anda memilih usaha pembesaran ikan nila, Anda dituntut untuk lebih sabar, sebab waktu panennya berkisar antara 4 bulan semenjak benih ditabur.

Tips Memulai Usaha Budidaya Ikan Nila 

Sebelaum Anda mulai melakukan budidaya ikan nila, hal penting pertama yang harus diperhatikan adalah kaulitas air yang akan digunakan untuk bidudaya ikan nila.

Kualitas air ini harus terjaga dengan baik, sebab jika sampai kauliats airnya kurang bagus maka sudah pasti bududaya ikan nila Anda tidak akan bisa berjalan dengan maksimal.

Selalu pastikan air yang akan digunakan jangan sampai terserang oleh hama ataupun bakteri penyebab timbulnya penyakit pada ikan nila.

Itulah kenapa memastikan agar supaya kondisi air tetap bagus menjadi sangat penting untuk Anda lakukan.

Ikan nila merupakan jenis ikan yang tidak dapat hidup di air yang memiliki kondisi jorok dan keruh.

Bukan hanya itu saja, bagi Anda yang ada niatan untuk melakukan budidaya ikan nila maka beberapa kriteria yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut ini:

  1. Kualitas Air Untuk Bududaya Ikan Nila

Sebelum Anda memulai proses budidaya ikan nila, hal pertama yang harus dan sangat penting untuk diperhatikan adalah air.

Sebab air ini merupakan salah satu komponen yang paling penting yang menjadi penentu berhasil tidaknya proses budidaya ikan nila itu sendiri.

Ikan air tawar ini paling baik jika dibudidayakan di air tawar. Jika ikan nila ini dibududayakan di air selain tawar akan berdampak buruk pada perkembangan ikan nila pada nantinya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kualitas airnya juga. Jika kualitas air yang dijadikan bududaya ikan nila memburuk maka Anda harus segera lekas mengganti air tersebut.

Jangan sampai terlambat, jika terlambat maka akan berdampak pada perkembangan dari ikan nila yang sedang Anda budidayakan. Bahkan parahnya lagi bisa menyebabkan kematian pada ikan nila.

Untuk itulah kenapa jika Anda ingin sukses usaha peternakan ikan nila maka harus rutin mengganti airnya.

Umumnya pergantian air dilakukan sekitar 2 minggu sekali. Namun dikarenakan keadaan tertentu bisa lebih cepat diganti.

Pastikan juga air di dalam kolam ikan nila terbebas dari serangan hama atau jenis penyakit lain yang dapat mengakibatkan gangguan pada ikan nila.

  1. Jenis Tanah dan Lokasi Budidaya

Selain air yang ada di dalam kolam, jenis tanah yang ingin Anda gunakan untuk membuat kolam budidaya ikan nila ini juga harus sesuai dengan kriteria dari ikan nila.

Umumnya jenis tanah yang sering digunakan untuk budidaya ikan nila adalah tanah yang berjenis kasar, halus, dan liat.

Usahakan juga ketika Anda melakukan budidaya ikan nila tidak dilakukan di tempat lahan yang bersifat gambut.

Kenapa demikian, sebab lahan gambut ini akan menyebabkan ikan nila tidak mampu bertahan lama sehingga potensi kematiannya menjadi sangat besar.

Tanah subur bisa menjadi faktor utama dalam kesuksesan budidaya ikan nila ini. Untuk itulah kenapa pemilihan jenis tanah ini harus diperhatikan dengan benar-benar.

  1. Selalu Memperhatikan Kandungan Zat Pada Air Kolam

Di bawah ini merupakan jenis kualitas dari komoditas air yang umum digunakan untuk budidaya ikan nila.

Karbondioksida

Karbondioksida merupakan zat yang sangat penting untuk berada di dalam air kolam ikan nila.

Sebab, karbondioksida menjadi sangat penting untuk ada karena diperlukan untuk fotosintesa oleh kehidupan tanaman air

Tidak hanya itu saja, karbondioksida ini sangat dibutuhkan sebagai oksigen yang ada di dalam air.

Alkalinitas

Alkalinitas merupakan zat yang memiliki kemampuan untuk menetralisir keasaman yang berada di dalam air kolam dari ikan nila.

Dengan adanya alkalinitas inilah keasaman yang ada di dalam air kolam ikan nila ini dapat dinetralisir sehingga tidak mengganggu pertumbuhan dari ikan nila.

Suhu air

Agar supaya budidaya ikan nila berjalan dengan sukses maka suhu air yang ada di dalam kolam ikan nila juga perlu untuk diperhatikan.

Pastikan suhu air yang ada di dalam kolam ikan nila memiliki suhu udara sekitar 20 derajat ke bawah.

Sebab apabila suhu air melebihi 20 derajat maka akan berpengaruh terhadap perkembangan ikan nila dan bahkan dapat menjadi penyebab matinya ikan nila.

Apalagi bagi Anda yang memilih pembenihan ikan nila, sebab pada saat ikan nila sedang mengembang biakkan telur-telurnya, ikan nila ini membutuhkan suhu air di dalam kolam yang sangat rendah.

Konsentrasi Oksigen Terlarut

Ikan nila ini merupakan jenis ikan yang mampu bernapas menggunakan oksigen. Ini berarti kandungan oksigen yang ada di dalam air kolam haruslah dalam keadaan yang baik pula dan tidak mengalami perubahan.

Derajat Keasaman

Ketika melakukan bududaya ikan nila, alangkah baiknya jika Anda melakukan pengecekan derajat keasaman air yang ada di dalam kolam ikan nila.

Hal ini terbilang sangat penting untuk Anda lakukan. Usahakan pH nya dipertahankan pada nilai netral, 4.8-5,6.

Itulah beberapa tips untuk memulai usaha peternakan ikan nila yang bisa disampaikan. Semoga tips ini dapat membantu keberhasilan Anda saat melakukan budidaya ikan nila.

 

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memulai Usaha Peternakan Ikan Nila yang Harus Anda Lakukan"