www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memulai Usaha Travel Online

No comment 2897 views

bisnis-travelMemulai bisnis travel memang membutuhkan modal yang cukup banyak. Anda harus mempunyai armada yang baik untuk kenyamanan penumpang dalam berkendara. Bisnis travel ini bisa sebagai jasa angkut dalam maupun antar provinsi. Tergantung dari minat anda untuk menjalankan bisnis yang bagaimana. Perbedaan dari travel antar kota dalam provinsi dengan antar kota lintas provinsi biasanya terletak ada ijin jalannya.

Memulai bisnis travel ini harus mempunyai ijin usaha telebih dahulu, karena ijin usaha wajib hukumnya dimiliki oleh pengusaha apapun termasuk pengusaha travel ini. Ijin ini diperlukan dari instansi yang berwewenang dalam menjalankan kegiatan operasional travel. Ijin-ijin yang diperlukan antara lain:

  1. Ijin Usaha Angkutan
  2. Angkutan Antar Jemput Dalam Provinsi
  3. Angkutan Antar Jemput Antar Provinsi

Bisnis ini cukup diminati oleh beberapa pengusaha di Indonesia, dilihat dari banyaknya agen travel yang beroperasi saat ini. Biasanya dalam satu kota ada lebih dari dua agen travel yang beroperasi. Hal ini tentu saja bisa menjadi hal positif dari pengguna travel. Bagaimana tidak, dengan banyaknya agen travel yang ada akan timbul persaingan untuk mendapatkan konsumen. Mereka akan semakin mengedepankan kenyamanan penumpang tentunya agar laku.

Travel belakangan ini masih menjadi pilhan utama beberapa orang. Untuk orang yang berpergian jauh dengan bus akan berbeda dengan yang menggunakan jasa travel. Dimana travel ini menggunakan jasa mengantar sampai tempat tujuan anda. Travel bisa mengantar anda sampai depan pintu rumah tujuan anda, inilah kelebihan dari travel. Selain itu, jadwal keberangkatan travel juga tepat waktu. Dalam artian tidak perlu berhenti menunggu penumpang agar armadanya penuh, berbeda dengan bus antar kota. Selain itu juga tempat duduknya yang sudah diatur sesuai pesanan anda. Jadi anda para penumpang tidak perlu berebut tempat duduk.

Memulai bisnis travel antar kota dalam provinsi sebenarnya lebih enak dari antar provinsi. Tentu dengan jarak tempuh yang lebih jauh dan biaya yang akan anda keluarkan sebagai pemilik travel. Sebelum anda memulai bisnis ini, anda harus mempertimbangkan lebih dahulu jarak tempuh dari travel anda. Jadi bisa dibilang ada jarak maksimal dari perjalanan penumpang anda.

Mempertimbangkan keawetan dari armada anda nantinya, tentu travel dalam provinsi akan menjadi saran untuk anda. Dengan perjalanan yang menempuh jarak jauh, anda perlu sering-sering mengontrol armada anda. Tentunya akan berbeda dengan armada yang hanya mempunyai jarak tempuh lebih dekat.

Bisnis travel antar kota dalam provinsi ini juga ada sistem waralabanya. Beberapa travel memwaralabakan travelnya, dan menawari anda sebagai agen travel. Travel yang anda waralaba ini tadi pasti sudah terkenal sebelumnya. Memulai bisnis travel akan menjadi lebih mudah tentunya.

STRATEGI MEMULAI USAHA TRAVEL

Melihat tingginya kebutuhan itulah yang menjadikan bisnis tour and travel ini sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan karena bisnis travel selalu dibutuhkan orang tanpa mengenal waktu. Bagi Anda pemula yang baru saja menekuni bisnis travel, maka berikut ini adalah kiat sukses menjalankan bisnis sampingan jasa travel yang perlu Anda perhatikan.

1. Cintai Dunia Travelling

Cara menjalankan bisnis travel sebenarnya tidak begitu sulit, oleh sebab itulah bisnis ini cocok sebagai bisnis sampingan. Apalagi jika Anda adalah orang yang menyukai travelling. Menjalankan sebuah bisnis jika diawali dengan rasa suka maka dapat membuat Anda bersemangat dalam menjalani bisnis sehinggga akan lebih mudah pula dalam mengembangkannya.

2. Buatlah Penawaran Yang Unik

Jasa travel harus bisa memberikan paket liburan yang lengkap dan menarik bagi calon klien mereka sehingga mereka tertarik dan mau menggunakan jasa travel yang Anda tawarkan. Saat Anda membuat paket travel, pastikan bahwa pilihan tempat wisata yang Anda tawarkan sudah bisa mewakili semua yang ada di lokasi tempat tujuan wisata sehingga klien bisa benar-benar mendapatkan kepuasan dengan paket wisata yang mereka pilih.

3. Kerjasama

Bisnis travel tidak akan bisa menjadi sukses jika berjalan sendirian. Jadi, alangkah baiknya jika Anda sebagai pelaku bisnis travel mulai menjalin kerjasama dengan pusat oleh-oleh, restoran-restoran ternama, serta tempat tujuan wisata yang bagus bagi para konsumen. Dengan adanya kerjasama tersebut, keuntungan tidak hanya berpihak pada bisnis Anda sendiri tetapi juga bisnis lain yang Anda ajak untuk bekerja sama.

Nah, itulah beberapa tips bisnis dalam menjalankan bisnis sampingan jasa tour and travel yang bisa Anda ikuti. Hal terpenting yang tidak dapat dilupakan dalam menjalankan bisnis jasa travel ini adalah memberikan kepuasan kepada para konsumen. Selamat berbisnis dan salam sukses!

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memulai Usaha Travel Online"