www.solusikeluargaharmonis.com

7 Tips Memulai Usaha Antar Jemput Anak Sekolah Atau Karyawan

usaha-antar-jemput-anak-sekolahPunya kendaraan menganggur di rumah? Kini saatnya Anda memanfaatkannya sebagai ladang mencari penghasilan lebih yakni menawarkan jasa antar jemput. Lalu bagaimana cara memulainya? Inilah 7 Tips memulai usaha antar jemput anak sekolah atau karyawan.

Punya kemahiran dalam mengendari mobil, kemudian didukung oleh adanya mobil itu sendiri jelas akan mempermudah dalam usaha.

Usaha yang dimaksud tentunya berkaitan dengan layanan jasa antar jemput sekolah / karyawan.

Seperti yang diketahui jika mengantar anak ke sekolahan terbilang merepotkan untuk sebagian besar orang tua. Hal ini disebabkan oleh sibuknya orang tua dalam bekerja. Konsekuensinya, tidak ada waktu untuk melakukannya.

Sama halnya dengan para karyawan, ketepatan untuk menjangkau tempat bekerja sangatlah diutamakan. Karena ini merupakan bagian dari kedisiplinan, bahkan bisa meminimalisir pemecatan.

Perlu ditegaskan, kuncinya adalah ketepatan waktu untuk menjangkau lokasi. Dan inilah yang harus dilakukan bila Anda menjalankan bisnis antar jemput anak sekolah atau karyawan.

Terlepas dari hal itu, ada 7 hal yang harus diprioritaskan ketika ingin memulai bisnis jasa tersebut. Tujuannya tentu saja untuk menjaga keeksisan serta keberhasilan dalam menjalankan bisnis.

Mau tahu apa saja hal yang harus diutamakan dalam penyediaan jasa antar jemput karyawan atau anak sekolah? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Siapkan Kendaraan Yang Diperlukan

Untuk memulai bisnis jasa tersebut, hal mendasar yang diperlukan adalah menyediakan kendaraan.

Kendaraan yang dimaksud adalah kendaraan mini bus atau kendaraan yang punya kapasitas lebih banya. Tentunya untuk memberikan banyak ruang untuk calon penumpang.

Namun harus diingat, sebaiknya gunakan kendaraan yang bagus. Dalam artian masih layak digunakan, setidaknya maksimal usia kendaraan sudah 5 tahun atau kurang.

Selain itu, pastikan jika perawatannya juga bagus untuk menjaga kenyamanan penumpang. Contohnya memastikan rem, transmisi sampai hal-hal kecil di mobil dalam keadaan masih bagus.

Survey Terlebih Dahulu Rutenya

Jika kendaraan sudah dimiliki, pastikan jika Anda tahu rutenya. Karena Anda fokus pada layanan antar jemput anak sekolah yang notabenenya tinggal di lokasi yang berbeda.

Anda harus tahu persis tentang rute yang akan dilalui. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan dalam proses pengantaran penumpang.

Bahkan rute ini bisa menjadi bagian untuk menekan biaya. Artinya, Anda bisa menghitung dengan pasti tentang biaya yang akan dikeluarkan sekali mengantarkan penumpang.

Lakukan Promosi

Setelah tahu dengan persis rute yang dimaksud, kini saatnya Anda mulai melakukan promosi untuk menjaring calon penumpang.

Promosi ini bisa dilakukan dengan memberikan selebaran kartu promosi di berbagai sekolah, atau di perkantoran.

Hal ini cukup beralasan karena Anda butuh anak sekolah atau karyawan yang akan selalu menggunakan jasa Anda.

Contohnya adalah Anda bisa menempelkan sejumlah lembaran berisi promosi usaha antar jemput di dinding-dinding sekolah. Tentu saja dengan persetujuan dari pihak sekolah.

Buatlah Komitmen Dengan Pihak Bersangkutan

Komitemen diperlukan untuk menjaga kepercayaan dari calon penumpang. Komitmen ini bisa berkaitan langsung dengan bagaimana penyedia jasa layanan antar jemput ini terpercaya memberikan kenyamanan buat penumpangnya.

Contohnya adalah dipercaya dalam mengantarkan ke lokasi sesuai waktu yang ditentukan. Setidaknya, tidak mengalami keterlambatan dalam pengantaran ke lokasi.

Dan untuk komitmen ini dijalin dengan pihak karyawan (calon penumpang), atau pada orang tua yang memanfaatkan jasa pengantaran anak ke sekolah.

Pastikan jika Anda mampu meyakinkannya. Karena bila tidak, Anda tidak akan mendapatkan penumpang dan keuntungan dari bisnis tidak akan pernah didapatkan.

Berikan Layanan Yang Baik

Di dalam jasa mengantarkan anak sekolah / karyawan ini, hal mendasar yang juga tidak boleh dibaikan adalah layanan.

Layanan yang bagus akan mendapatkan respon yang bagus. Bahkan tidak ada komplain sehingga penumpang akan betah memanfaatkan jasa Anda.

Sebaliknya, layanan yang buruk akan membuat Anda kehilangan penumpang sehingga kegagalan dalam bisnis tersebut sangatlah besar kemungkinanya.

Layanan-layanan tersebut bisa berasal dari bagaimana cara Anda mengemudikan mobil. Ya, cara mengemudi akan menentukan nyaman tidaknya penumpang sehingga wajib bagi Anda untuk memiliki kemampuan menyetir yang bagus.

Selain cara menyetir, layanan lain seperti memfasilitas penumpang dengan berbagai fasilitas hiburan di area mobil cukup membantu. Contohnya adanya TV, ataupun AC.

Fasilitas ini akan menambah kenyamanan bagi setiap penumpang. Hasilnya, penumpang akan merasa lebih senang, dan juga lebih diuntungkan karena memilih layanan yang tepat.

Tentukan Tarif Layanan Antar Jemput

Tips memulai usaha antar jemput anak sekolah yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai harga / tarif di setiap kali mengantar ke tempat tujuan.

Normalnya, Anda bisa mengatur biaya ini dengan menghitung berapa jumlah biaya yang dikeluarkan dengan pemasukan. Kemudian dikalkulasikan selama satu bulan. Pastikan Anda tetap punya untung dari penyediaan jasa tersebut.

Anda bisa juga menjalankan bisnis ini dengan upah di setiap kali melakukan antar jemput. Namun hal ini akan kurang memuaskan, karena bisa jadi di hari berikutnya calon penumpang pergi dengan layanan lainnya.

Beda sekali jika Anda memberlakukan paket bulanan. Pastinya, keuntungan akan didapatkan 100 persen. Baik ketika calon penumpang menggunakannya ataupun tidak. Dari kedua cara ini, Anda bisa memutuskan mana yang terbaik untuk Anda.

Perbesar Usaha Dengan Menambah Karyawan

Ini merupakan kembangan dari cara memulai bisnis antar jemput karyawan. Yakni dengan memperbesar usaha tersebut.

Pertama kalinya, jangan lakukan terlebih dahulu untuk menyediakan banyak kendaraan. Karena hal ini bisa menjadi boomerang.

Misalnya, Anda tidak mampu mendapatkan calon penumpang untuk masing-masing kendaraan, pastinya kondisi ini akan merugikan sekali walaupun kenyataannya mobil didiamkan.

Cobalah untuk menyediakan kendaraan secukupnya. Baru kemudian jika dirasa strategi promosi berhasil menjaring lebih banyak calon penumpang, maka Anda bisa memperbesar bisnis tersebut.

Tentunya memperbesar usaha ini dilakukan dari hasil keuntungan bisnis. Ini artinya, Anda diwajibkan untuk mengumpulkan uang hasil keuntungan bisnis untuk memperbesar bisnis.

Jika memang bisnis yang dijalankan sudah berjalan dengan baik, kini saatnya Anda mulai untuk merekrut karyawan baru.

Pastikan untuk menyeleksi sopir yang punya kualitas mengemudi lebih bagus. Karena ini berhubungan dengan layanan.

Dan layanan ini akan menentukan lama tidaknya bisnis yang Anda jalankan. Oleh karenanya, pastikan untuk memilih supir yang benar-benar terpercaya.

Nah, satu hal yang harus difikirkan ketika sudah merekrut karyawan baru adalah menentukan gaji untuk karyawan tersebut.

Ini juga penting untuk dilakukan mengingat bisnis yang dijalankan butuh perputaran dana yang lebih baik.

Aturlah sisi pengeluaran biaya secara tepat untuk operasional mobil, kemudian aturlah biaya untuk gaji bagi masing-masing supir.

Dengan cara demikian, Anda akan tahu persis mengenai laporan pemasukan uang yang didapatkan di tiap bulannya.

Demikianlah 7 Tips memulai usaha antar jemput anak sekolah atau karyawan yang akan memberhasilkan. Jadi, sebelum berfikir untuk sukses dalam bisnis, pastikan Anda punya dasar-dasar untuk memulainya dari awal.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "7 Tips Memulai Usaha Antar Jemput Anak Sekolah Atau Karyawan"