www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Bisnis Hasil Laut

No comment 12996 views

hasil-lautPeluang bisnis hasil laut menarik untuk anda? Tentu saja iya bagi nelayan ataupun warga pesisir pantai . Ibarat petani yang mengandalkan hasil tanamannya diladang, nelayan juga sangat bergantung pada hasil laut. Perputaran bisnis mereka tergantung pada hasil laut yang mereka peroleh. Tidak hanya ikan, hasil laut lainnya juga bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Negara maritim seperti Indonesia ini yang kaya akan laut tentu saja sangat familiar dengan bisnis ini. Negara kita yang memiliki luas lautan hampir mencapai 70% dari total luas negara, tentu mempunyai hasil laut sangat melimpah untuk dinikmati oleh warganya sendiri ataupun warga negara lain. Diperkirakan lebih dari 2.500 jenis ikan yang hidup di lautan kita, dan 500 jenis terumbu karang. Sehingga peluang bisnis hasil laut ini sungguh menjadi sebuah komoditas yang menguntungkan. Mulai dari bisnis yang kecil, seperti di pasar ikan tradisional sampai pasar ekspor impor. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang besar, tentu pemasaran dalam bisnis ini tidaklah sulit.

Hasil laut Indonesia tidak hanya tertuju pada ikan laut saja, namun juga pada hasil laut lainnya. Salah satu hasil laut yang besar adalah rumput laut, sekitar hampir 60%. Walaupun tidak memungkiri, permintaan terhadap ikan cukup besar. Dengan kandungan gizi yang tinggi seperti kandungan protein yang tinggi, asam lemak tak jenuh, Vitamin D, Vitamin B kompleks, dan mineral.

Ikan segar hasil tangkapan, merupakan peluang bisnis hasil laut yang paling banyak diminati. Terutama di pasar tradisional warga pesisir. Namun pasar tradisional ini terkadang terkesan kumuh dan kurang begitu terlihat bersih. Kemudian, beberapa ikan segar ini juga ada yang diawetkan agar bisa bertahan lebih lama dan bisa didistributorkan ke daerah lain. Terutama ke daerah yang jauh dari laut seperti daerah pegunungan. Selain dalam bentuk ikan segar, beberapa ikan ini diolah terlebih dahulu sebelum dijual belikan. Misalnya seperti abon ikan tuna, krupuk ikan atau cumi, dan sosis. Kemudian, untuk hasil rumput laut yang merupakan salah satu penghasil rumput laut terbesar di dunia, bisa diolah menjadi agar-agar ataupun Carrageenan untuk bahan pengenyal, pengemulsi, dan pengental.

Bisnis hasil laut ini juga menguntungkan dibidang transportasi. Orang yang bermodal kendaraan bisa memanfaatkan hal ini. Mereka menyiapkan kendaraan untuk distribusi hasil laut ini. Peluang bisnis ini tidak hanya berkaitan langsung dengan jual beli barangnya, tapi juga sebagai pengangkut barang dan distribusi ini. Persaingan bisnis ini juga cukup ketat karena permintaan yang cukup tinggi terhadap hasil laut Indonesia. Baik persaingan bisnis dalam negeri maupun bisnis ekspor luar negeri. Sehingga nanti lama-lama kualitas dari bisnis ini akan menjadi lebih baik dan modern sesuai dengan permintaan konsumen dan perkembangan zaman. Peluang bisnis hasil laut ini semakin hari akan semakin berkembang dan memajukan perekonomian Indonesia.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Bisnis Hasil Laut"